Pelanggan/customer
seperti kebutuhan makan dan minum untuk hidup sebuah perusahaan yang bergerak
di bidang pelayanan atau penjualan produk. Maka tidak heran jika sebuah
perusahaan membuat atau menyediakan ruang pelayanan yang nyaman untuk memanjakan
pelanggan yang datang.
Namun
tidak semua pelanggan bisa datang ke tempat-tempat pelayanan perusahaan karena
keterbatan waktu dan kesempatan. Dengan kemajuan teknologi komunikasi saat ini,
banyak pelanggan yang memanfaatkan media komunikasi by phone melalui call
center atau melalui dunia maya untuk mendapatkan kebutuhan informasi sebuah produk.
Hal
diatas tentu saja juga sangat membantu sebuah perusahaan untuk
mensosialisasikan produk-produknya tanpa harus bertatap langsung dengan
pelanggan. Dari segi efisiensi cost,
memanfaatkan dunia internet akan mengurangi cost sebuah perusahaan dalam
menyediakan tempat-tempat pelayanan.
Untuk
melayani pelanggan maka kita harus mengetahui apa sih yang ingin diketahui oleh
pelanggan? Apakah informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan tersebut sudah
tersedia?
Jika
kita sedikit kreatif, dengan menggunakan Google Keyword Planner sedikit banyak kita
akan bisa menjawab pertanyaan pertama diatas. Jika kita sudah tahu apa yang
ingin diketahui pelanggan maka kita tinggal menyediakan dan lebih
mensosialisasikannnya di dunia maya. Selain itu perlu diingat juga bahwa
keingintahuan pelanggan merupakan indikasi potensi market.
Berikut
ane ambil contoh Keyword yang dicari masyarakat Indonesia dalam 1 tahun
terakhir untuk perusahaan Telkomsel. Ane ambil yang searchingnya diatas 1000
per bulan saja.
Keyword
|
Avg. monthly searches
|
telkomsel
|
165000
|
paket internet telkomsel
|
27100
|
www.telkomsel.com
|
22200
|
blackberry indonesia
|
22200
|
telkomsel flash
|
18100
|
call center telkomsel
|
12100
|
paket bb telkomsel
|
9900
|
telkomsel blackberry
|
8100
|
paket blackberry telkomsel
|
6600
|
telkomsel poin
|
6600
|
grapari telkomsel
|
5400
|
telkomsel.com
|
5400
|
my telkomsel
|
4400
|
paket internet kartu as
|
3600
|
transfer pulsa telkomsel
|
3600
|
apn telkomsel
|
2900
|
paket internet
|
2900
|
setting modem telkomsel
|
2900
|
paket telkomsel
|
2900
|
paket telkomsel flash
|
2900
|
logo telkomsel
|
2900
|
telkomsel internet
|
2900
|
setting internet telkomsel
|
2400
|
telkomsel flash unlimited
|
2400
|
simpati internet
|
2400
|
cek pulsa telkomsel
|
2400
|
internet gratis telkomsel
|
2400
|
paket unlimited telkomsel
|
1900
|
undian telkomsel
|
1900
|
tarif internet xl
|
1900
|
paket internet termurah
|
1900
|
cek poin telkomsel
|
1600
|
simpati telkomsel
|
1600
|
telkomsel simpati
|
1600
|
internet telkomsel
|
1600
|
setting apn telkomsel
|
1600
|
internet murah
|
1600
|
mkios telkomsel
|
1600
|
setting gprs telkomsel
|
1600
|
nsp telkomsel
|
1600
|
modem telkomsel flash
|
1600
|
cs telkomsel
|
1600
|
paket data telkomsel
|
1600
|
operator telkomsel
|
1600
|
internet unlimited
|
1300
|
telkomsel call center
|
1300
|
telkomsel mkios
|
1300
|
www.telkomsel
|
1300
|
trik telkomsel
|
1300
|
lowongan telkomsel
|
1300
|
paket flash telkomsel
|
1300
|
blackberry telkomsel
|
1300
|
tarif internet 3
|
1300
|
pt telkomsel
|
1300
|
promo telkomsel
|
1000
|
poin telkomsel
|
1000
|
www.telkomsel.co.id
|
1000
|
my.telkomsel.com
|
1000
|
lowongan kerja telkomsel
|
1000
|
internet simpati
|
1000
|
JIka
dilihat dari keyword diatas, minat pelanggan/calon pelanggan Telkomsel banyak
diseputaran packet data (Paket intenet, Telkomsel Flash & BB).
Semoga
dengan data seperti diatas, perusahaan-perusahaan dapat lebih mensosialisasikan
produk-produknya di dunia maya…yah, misalnya pasang-pasang iklan atau review
produk di di blog-blog macam blog ane ini…heheheh
Semoga
bermanfaat…
Bye..bye
No comments:
Post a Comment